BIOGRAFI FINN ERLING KYDLAND

Finn Kydland dan Edward Prescott

Raih Hadiah Nobel Ekonomi 2004

Telah banyak Tokoh Ekonomi yang memberikan kontribusinya untuk perekonomian didunia, misalnya, Adam Smith, Karl Max, Joseph Schumputer dll. Tetapi disini saya ingin memaparkan Tokoh Ekonomi Dunia baru yang sangat tinggi kontribusinya terhadap dunia di era ini.
Juri The Bank of Sweden Prize in Economic Sciences 2004 memenang-kan Finn E Kydland (Norwegia) dan Edward Prescott (AS) meraih hadiah Nobel Ekonomi 2004. Karena kontribusi mereka terhadap dinamika ilmu ekonomi makro: Konsistensi waktu pada kebijakan ekonomi dan faktor-faktor di balik siklus bisnis

Pengumuman pemenang hadiah Nobel Ekonomi berlangsung Senin (11/10) di Stockholm. "Pekerjaan mereka telah menjadi dasar untuk sebuah riset tentang penyusunan kebijakan ekonomi yang kredibel dan secara politik layak," ujar juri. Mereka berdua akan berbagai hadiah sebesar 10 juta krona Swedia atau 1,3 juta dollar AS (lebih kurang setara dengan Rp 12 miliar).

BIOGRAFI FINN ERLING KYDLAND

Awal Tahun

Finn Erling Kydland (lahir 1 Desember 1943) adalah seorang ekonom Norwegia. Dia saat ini adalah Profesor Henley Ekonomi di Universitas California, Santa Barbara. Dia juga memegang Richard P. Simmons Distinguished Professor di Tepper School of Business dari Carnegie Mellon University, di mana ia menerima gelar Ph.D. Kydland pada tahun 2004 menerima Nobel Ekonomi (bersama dengan Edward C. Prescott), "atas kontribusi mereka untuk dinamis makroekonomi: waktu konsistensi kebijakan ekonomi dan kekuatan dibelakang siklus bisnis".

Kydland adalah anak tertua dari enam bersaudara yang bertempat tinggal di Peternakan Soyland, barat daya Norwegia. Dia memiliki pendidikan yang liberal, orangtuanya tidak membatasi/memaksakan kehendaknya kepada anak-anaknya. Mulai dewasa Kydland tertarik dengan Matematika dan Ekonomi, setelah dia melakukan pembukuan di peternakan keluarganya.

BEASISWA

Bidang keahlian Kydland adalah Ekonomi secara umum maupun ekonomi politik, bidang utamanya mengajar dan bunga siklus bisnis, moneter dan kebijakan fiskal dan ekonomi tenaga kerja di mana ia menjabat sebagai Profesor Ekonomi sampai 2004, ketika ia menjadi anggota staf pengajar Universitas California, Santa Barbara dan mendirikan Laboratorium untuk Agregat Ekonomi dan Keuangan (LAEF) pada saat ini lembaga yang sama. Dia adalah seorang Research Associate bagi Federal Reserve Bank of Dallas, Cleveland dan St Louis ,dan Senior Research Fellow di Institut IC2 di University of Texas di Austin. Ia juga merupakan Adjunct Profesor di NHH, dan posisi profesor pada, antara lain,di Hoover Institution dan Universidad Torcuato di Tella di Buenos Aires, Argentina.

KEHIDUPAN PRIBADI

Kydland menikah dengan Liv Kjellevold pada tahun 1968 dan ia punya empat anak; putra, Jon Martin dan Eirik Thomas, anak perempuan, Camilla, dan Kari. Istri keduanya adalah Tonya Schooler.

Penghargaan


1 comments:

Unknown mengatakan...

mantap

Posting Komentar