“Analisis reaksi pasar terhadap publikasi kebijakan Right Issue“


Penulisan Ilmiah, kata-kata itu membuat saya harus memutar otak, apakah saya mampu menyelesaikanya?. Tetapi dengan berjalan waktu, dan bertanya kepada senior-senior, serta melihat berita-berita di internet maupun Televisi. Akhirnya saya memutuskan untuk mengambil Judul “Analisis reaksi pasar terhadap publikasi kebijakan Right Issue (pada Perusahaan terdaftar di BEI)”.

Alasan saya mengambil judul tersebut adalah karena saya tertarik dengan Pasar Modal itu sendiri, yang pada tahun 2008 atau 3 bulan terakhir ini pasar modal mengalami kejatuhan akibat IHSG menurun. Walaupun saya belum menguasai penuh tentang Pasar modal, tetapi dengan adanya PI menjadi alat/cara untuk saya mendalami tentang Pasar Modal khususnya mengenai kebijakan Right Issue. Ada beberapa Perusahaan yang menerapkan Kebijakan Right issue untuk menghimpun dana segar yang akan digunakan untuk ekspansi usaha, membayar piutang atau untuk modal kerja. Right Issue merupakan hak untuk memesan saham baru yang akan dikeluarkan oleh Emiten, Rights diprioritaskan kepada pemegang saham biasa untuk memesan saham baru, biasanya harga saham Right issue dibawah harga pasar. Sehingga menarik pemegang saham untuk membelinya dengan biaya yang lebih murah dan meningkatkan likuiditas saham yang beredar.

Untuk itulah saya ingin meneliti, apakah Nilai harga saham beberapa perusahaan yang sebelumnya tidak mengeluarkan kebijakan Right issue dan setelah mengeluarkan kebijakan Right Issue akan menjadi lebih baik atau menjadi buruk sehingga apakah reaksi pasar positif atau malah negative?

PI ini menerapkan Route Map masalah penelitian “Research Gap”, dimana diperlukan sebuah penelitian untuk memperoleh bukti empiris mengenai Pengumuman Right Issue terhadap reaksi pasar khususnya Nilai harga saham.



0 comments:

Posting Komentar