Bahaya Alkohol dan Akibatnya...


Akhir-akhir ini banyak ditemui minuman-minuman yang mengandung alkohol yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat, namun Alkohol murni tidaklah dikonsumsi manusia. Yang sering dikonsumsi adalah minuman yang mengandung bahan sejenis alkohol, biasanya adalah ethyl alcohol atau ethanol(CH3CH2OH ). Bahan ini dihasilkan dari proses fermentasi gula yang dikandung dari malt dan beberapa buah-buahan seperti hop, anggur dan sebagainya.

Beberapa jenis minuman dan kandungan alkoholnya :
- Beer : 2 – 8 %
- Dry wine : 8 – 14 %
- Vermouth : 18 – 20 %
- Cocktail wine : 20 – 21 %
- Cordial : 25 – 40 %
- Spirits : 40 – 50 %

Dampak buruk bagi individu misalnya kematian, buruknya kualitas kesehatan, gangguan fungsi mental, rusaknya persahabatan, dan cedera. Adapun kategori dampak buruk bagi sosial seperti kejahatan, kerusakan lingkungan, konflik keluarga, dan penurunan dalam keterlibatan komunitas.

Heroin, kokain, dan crystal meth tercatat sebagai zat yang paling membahayakan bagi individu, sedangkan alkohol, heroin, dan kokain adalah zat yang paling merugikan bagi sosial.

Namun, setelah diperhitungkan dampaknya bagi individu dan masyarakat secara keseluruhan, alkohol tercatat tiga kali lebih membahayakan ketimbang kokain ataupun tembakau.


Akibat jangka panjang dari mengkonsumsi Alkohol yang berlebihan seperti kejang-kejang, halusinasi, gemetar, rusaknya organ-organ seperti hati, ginjal dll.

Alkohol tidak membahayakan jika kita mengkonsumsinya tidak setiap hari, namun akan sangat membahayakan sekali jika dikonsumsi berlebihan. Sebagai anak muda kita harus concern terhadap bahaya alkohol.

0 comments:

Posting Komentar