Journey as a University Student and Barista at sbux


The first Word for these condition "Capeeek". Yang namanya kuliah sambil kerja pasti capek, tapi menghasilkan uang dan ada pengalaman yang penting,hehehe :p.

Pada awalnya gw ngelamar ke sbux itu mendadak di informasikannya dari temen yang kerja di KK, lalu gw ajak temen sehidup tapi gak semati namanya Sasa, hehe dia temen kampus dari semester 1, karna rumahnya paling deket sm gw,terus gw juga gak tau Jalan kemang village, jadi buru2 deh dateng ke kemang village buat walk in interview naik Supra X motor kesayangan gw. Sampailah di tujuan taro lamaran ehh langsung interview padahal sebelumnya ada beberapa pelamar diluar yang kita tanya, katanya gak di interview,cm kumpulin lamaran aja, tapi kita ber2 masuk kumpulin lamaran tau-tau langsung aja diinterview, gak ada persiapan, rambut acak-acakan, gak persiapan ngomong, diinterview pk bahasa inggris pula,udah hopeless aja, ditrima syukur, gak ditrima juga syukur bukan rejeki kl gitu. Dua hari kemudian ada sms undangan untuk psikotes di PT MAP, dan akhirnya kita ber2 diterima, :D Saatnya training slama 4 hari di office lalu ditempatkan di masing-masing store, sasa dpt di store Kamomey, sedangkan gw di store Bintaro,tapi krn blm jadi di Bintaro akhirnya sementara ditempatkan di store BNI Dukuh atas (jauh bgt dari rumah dan kampus :-\ )

Minggu pertama masuk kerja, gw sm sasa sms-an tiap hari saling nanya2, cerita2 gimana temen2nya, storenya, udah bisa apa aja,sampe resep2 minuman kalo lupa nanya lg, hehehe, yang biasanya smsannya nanya tugas kuliah jadi nanyain ttg kopi :D.

Ini pengalaman baru buat gw yang belum pernah merasakan kerja diluar Kampus, yang sebelumnya pernah menjadi Asisten Laboratorium Akun menengah, beda bgt kuliah jurusan Akuntansi, pernah jadi asisten lab akuntansi dan sekarang kerja yang kerjaannya bikin minuman, mengoperasikan register, communication with customers, speaks English lot soalnya kebanyakan customer sbux orang asing, yaaa hitung-hitung memperlancar bahasa inggris gw yang masih blepotan, lumayan kan?! gak usah Les bhs inggris lagiii.. hehe

Oiya, Rumah gw di Bintaro, Kuliah di Depok, tapi kerjanya di store BNI 46 Dukuh Atas, kalo dari jarak jauhnya ampun-ampun, tapi semua harus dijalanin dgn sabar. Awalnya kuliah sambil kerja capek bgt,karena segala sesuatu yang baru pasti akan lebih lama mengerti dan melelahkan, tapi ini keputusan yang udah gw ambil sendiri, jadi harus nanggung sendiri juga, Puji Tuhan sudah hampir 3 bulan kuliah sambil kerja lancar-lancar aja,walaupun 1 bulan kerja langsung tipes seminggu, tapi tetep bersyukur, karna tubuh gw jg baru menyesuaikan,makanya jadinya sakit. hehehe :D

Kerja sebagai Barista melelahkan tapi juga menyenangkan,, melelahkan karena harus banyak komunikasi dengan orang banyak yang berbeda-beda wataknya, mobile terus, serve minuman yang benar, tetapi sangat menyenangkan karena ini sebuah pengalaman yang sangat baru dan sangat berbeda dengan jurusan kuliah gw, jadi keingintahuan gw meningkat, selain itu suasana kerja yang menyenangkan, karena keunikan sbux yang self service dan tiap customer yang mengOrder minuman apapun, setiap Partner(karyawannya) harus melakukan "calling drink" which is tiap customer mengetahui kalau minumannya sedang dibuat dan jika minumannya sudah jadi mereka juga tau karena adanya "calling drink".

Dengan bekerja, gw lebih bisa percaya diri, lebih berani, dan lebih menghargai uang, ternyata kata2 orangtua cari uang itu susah loh! sekarang kata2 "cari uang itu susah" bukan dibayangan lagi tapi sudah dirasakan. Sekarang kl untuk hal-hal yang gak penting2 bgt, kayaknya sayaaang bgt, soalnya uang hasil jerih payah sendiri pasti lebih disayang-sayang, ya kan????

Tujuan gw bekerja sambil kuliah yang pasti ingin merasakan pengalaman kerja dengan environment yang berbeda, supaya gw yang susah beradaptasi ini dapat terbiasa di lingkungan kerja lainnya juga,yang kedua memperluas pertemanan yang positif , yang ketiga mau bantu orangtua yang single parent dan kakak yang sudah bekerja di luar jakarta, kl keadaanya udah begitu gw mau minta sm siapa lagi? mau menengadahkan tangan ke siapa? jadi, saat ada kesempatan utk bekerja harus coba dan dihidupi. Tuhan mengizinkan gw kuliah sambil kerja berarti DIA juga akan memberikan kekuatan dan keberanian yang lebih juga. Journey as a university student and as a Barista makes me know what Life it is! GB :)

0 comments:

Posting Komentar