Kerangka e-commerce Global

e-commerce secara umum dapat diartikan sebagai proses transaksi jual beli secara elektronik
melalui media internet. Menurut Mariza Arfina dan Robert Marpaung e-commerce atau yang lebih dikenal dengan e-com dapat diartikan sebagai suatu cara berbelanja atau berdagang secara online atau direct selling yang memanfaatkan fasilitas Internet dimana terdapat website yang dapat menyediakan layanan "get and deliver" (http://r-marpaung.tripod.com/ElectronicCommerce.doc)

Dasar-dasar kerangka e-commerce:
• Sektor swasta harus memimpin.
• Pemerintah harus menghindari pelarangan yang tidak semestinya pada e-commerce.
• Di tempat keterlibatan pemerintah dibutuhkan, tujuannya harus untuk mendukung dan
memperkuat lingkungan legal yang dapat diramalkan, minimalis, konsisten, dan
sederhana.
• Pemerintah harus mengenali kualitas-kualitas unik di internet.
• E-commerce yang ada pada internet harus dipermudah dalam basis global.

Faktor –faktor pendukung e-commerce :
• Cakupan yang luas
• Proses transaksi yang cepat
• E-Commerce dapat mendorong kreatifitas dari pihak penjual secara cepat dan tepat dan
pendistribusian informasi yang disampaikan berlangsung secara periodik.
• E-Commerce dapat menciptakan efesiensi yang tinggi, murah serta informatif.
• E-Commerce dapat meningkatkan kepuasan pelanggan, dengan pelayanan yang cepat,
mudah, aman dan akurat.

Karakteristik e-commerce :

• Terjadinya transaksi antar dua belah pihak
• Adanya pertukaran barang, jasa dan informasi
• Internet merupakan medium utama dalam proses atau mekanisme perdagangan tersebut.

Berdasarkan Jenis Transaksinya e-Commerce dibagi 2:

• Business to business e-commerce (B2B)
Transaksi perdagangan melalui internet yang dilakukan oleh dua atau lebih perusahan.
Transaksi dagang tersebut sering disebut sebagai Enterprise Resources Planning (ERP) ataupun supply chain management.
• Business to Consumer e-commerce (B2C)
Merupakan transaksi jual beli melalui internet antara penjual barang konsumsi dengan konsumen (end user).


Mengapa eCommerce ?
eCommerce memberikan beberapa keuntungan antara lain:
• Revenue stream yang baru yang mungkin sulit atau tidak dapat diperoleh melalui
cara konvensional
• Meningkatkan market exposure
• Menurunkan biaya operasi (operating cost)
• Memperpendek waktu product-cycle
• Meningkatkan supplier management
• Melebarkan jangkauan (global reach)
• Meningkatkan customer loyality
• Meningkatkan value chain dengan mengkomplemenkan business practice,mengkonsolidasikan informasi dan mebukanya kepada pihak-pihak yang terkait didalam value chain.

Kerangka kerja eCommerce :

Kerangka kerja (framework) dari eCommerce memiliki beberapa komponen, antara
lain:

• National Information Technology Committee (on eCommerce). Komite ini bertanggung jawab untuk memformulasikan Information Technology, specifically eCommerce, di Indonesia. Komite ini dapat membuat working group untuk meneliti penggunaan teknologi informasi lebih lanjut. Berbagai pihak yang terlibat dalam bidang commerce dan electronic commerce sebaiknya terwakili dalam komite ini,misalnya adanya wakil dari Perbankan.
• Communication Infrastructure
• EC/EDI standards / infrastructure. Menentukan standar yang dapat diterima oleh semua pihak merupakan salah satu kunci utama.
• Cyberlaw: EC laws, Electronic Security laws.
• Customers & related organizations


Luasnya wilayah e-commerce ini, bahkan dapat meliputi perdagangan internasional, menyangkut regulasi, pengiriman perangkat lunak (software), perbankan, perpajakan, dan banyak lagi.
Pengelolaan dan pengembangan teknologi informasi yang bertumpu pada nuansa dan semangat seperti ini akan secara langsung merupakan akselerasi persiapan bangsa kita menghadapi persaingan global.
Untuk mendorong e-commerce, pemerintah harus mendukung perkembangan kerangka legal perdagangan global yang sama untuk melakukan, mempermudah, dan menjalankan transaksi elektronis di seluruh dunia. Para pembeli dan penjual yang telah memanfaatkan e-commerce, atau dalam aktivitas bisnis lainnya, teknologi dan sistem informasi berbasis Internet dalam waktu singkat menjadi bahan yang dibutuhkan untuk keberhasilan bisnis di lingkungan global yang dinamis saat ini.

1 comments:

Markus La'ia mengatakan...

Good your posting...thanks..

Posting Komentar