Kenapa saya harus belajar Bahasa Indonesia???

Bahasa Indonesia merupakan bahasa sehari-hari warga negara Indonesia dan dipergunakan setiap saat, baik dalam hal percakapan,surat menyurat, pidato, proses blajar mengajar di sekolah dan lain sebagainya.

Adanya era globalisasi bukan menjadi hambatan untuk mencintai bahasa kita sendiri sebab bahasa Indonesia sudah menjadi bagian dari hidup kita seperti bahasa Indonesia merupakan alat pemersatu bangsa atau bahasa Nasional, bahasa Indonesia merupakan jati diri kita atau ciri khas sebagai bangsa Indonesia. Itulah sebabnya ada pepatah yang mengatakan Bahasa Menunjukkan Bangsa.

Selain itu, kita perlu mempelajari bahasa Indonesia agar dapat memelihara dan menjaga bahasa nasional yang merupakan salah satu kewajiban kita berbangsa dan bernegara yang baik. Seperti halnya bangsa Jepang yang sangat mencintai bahasa nasional mereka seharusnya kita juga memiliki sikap yang sama seperti mereka, karena bahasa Nasional adalah satu-satunya alat komunikasi yang dapat dipahami oleh seluruh lapisan masyarakat.

Saya pribadi sebagai Warga Negara Indonesia masih belum menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, hal ini sering sekali disepelekan oleh kebanyakan orang juga. Mengatur penggunaan bahasa merupakan hal yang sangat sulit dikarenakan beberapa faktor yaitu, salah satunya adalah dialek daerah masing-masing yang sangat melekat tiap individu yang bertempat tingggal di daerah-daerah dan yang sekarang sedang berkembang di Indonesia adalah penggunaan bahasa gaul, bahasa terbalik dll.

Untuk itulah mengapa saya sebagai Warga Negara Indonesia harus mempelajari lebih lagi berbahasa Indonesia yang baik dan benar. Baik di dalam keseharian saya sebagai seorang mahasiswa, pada saat acara-acara formal, maupun ketika saya terjun di dalam dunia kerja nantinya yang akan sangat membutuhkan penguasaan berbahasa yang benar misalnya pekerjaan yang berhubungan dengan media massa baik media elektronik maupun media cetak, yang bisa kita lihat penggunaan bahasanya masih menggunakan bahasa yang campur aduk. Seharusnya media massa merupakan ujung tombak dalam memberikan pedoman bagaiman cara menggunakan bahasa Indonesia dengan benar.

Maka dari itu saya ingin memiliki penguasaan bahasa Indonesia yang benar mulai dari saat ini sebagai mahasiswa di dalam pergaulan sehari-hari, dalam perkuliahan, sehingga dapat menjadi bekal untuk menunjang masa depan saya di dalam dunia kerja yang sangat kompetitif.

1 comments:

Unknown mengatakan...

blog yang bagus dan informasi yang sangat menarik.
thanks

Posting Komentar